Latihan Cerdas Untuk Ibu Hamil

8 Latihan Cerdas Untuk Ibu Hamil


c. shutterstock

Vemale.com - Olahraga dalam masa kehamilan itu penting. Namun, banyak ibu hamil yang mengaku malas untuk olahraga. Alasannya, capek dan lelah. Padahal, olahraga saat hamil akan berdampak baik bagi ibu dan janin. Tak perlu olahraga berat, menggerakkan organ tubuh dengan santai juga dapat disebut sebagai olahraga. Seperti dikutip dari All Women Stalk (28/7), ada 8 jenis olahraga ringan yang berguna bagi ibu hamil dan janin. Apa saja itu?
1. Yoga
Yoga adalah olahraga yang sangat populer bagi ibu hamil. Dengan mengikuti kelas yoga, Anda akan diajarkan beberapa posisi yang dilarang bagi ibu hamil.
2. Berenang
Terkesan berat? Tidak juga. Karena, dengan berenang justru dapat membantu janin untuk ikut aktif bergerak. Bahkan, berenang adalah salah satu olahraga yang sangat dianjurkan bagi ibu hamil.
3. Berjalan santai
Sediakan waktu sedikitnya 30 menit perhari untuk berjalan santai di sekitar komplek. Selain menjaga tubuh untuk tetap aktif dan sehat, berjalan santai juga memberikan udara segar yang baik bagi pernapasan.
4. Latihan panggul
Ini adalah latihan yang tak kalah penting bagi ibu hamil. Dengan latihan panggul, secara langsung melatih otot-otot internal yang bekerja saat persalinan.
5. Berlari
Mungkin berlari adalah salah satu olahraga yang dianggap ekstrem bagi ibu hamil. Tetapi, ternyata berlari dapat membuat bayi lebih aktif dan pintar. Hanya saja, sebelum melakukannya, konsultasikan pada dokter atau bidan Anda.
6. Menari
Beranggapan bahwa menari tak penting bagi ibu hamil dan janin? Tunggu dulu, karena menari dapat membantu janin untuk bergerak lebih aktif. Bagi ibu hamil, menari membantu fleksibilitas otot.
7. Pilates
Selain yoga, pilates juga dikenal sebagai olahraga senam yang baik bagi ibu hamil. Meski terkesan lembut, pilates justru dapat membantu memperkuat otot. Sebelum melakukannya, konsultasikan dahulu pada dokter, apakah Anda cocok dengan pilates atau tidak.
8. T'ai Chi
T'ai Chi merupakan olahraga yang direkomendasikan saat hamil. Terdiri dari serangkaian gerakan yang aman dan nyaman membuat T'ai Chi banyak diminati. Dalam T'ai Chi juga diajarkan teknik pernapasan yang berguna bagi ibu hamil.
Olahraga sangat penting bagi ibu hamil. Bahkan, jika tak ingin melakukannya di luar rumah, Anda bisa mencobanya dengan duduk di atas sofa. Lakukan gerakan yang aman dengan panduan buku, setelah sebelumnya konsultasi pada dokter.
(vem/tik)

What's on Your Mind...

Powered by Blogger.